Ancaman Pidana Bagi Anak Yang Melakukan Pembunuhan

April 8, 2017

Pertanyaan:

Saya ingin bertanya. Seorang anak klas 1 smp dituduh membunuh temannya. Apakah anak tersebut dikenakan pasal pembunuhan? Tolong infonya

 

Gambar:Facebook Konsultasi Dan Bantuan Hukum

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebelumnya kami akan memberikan defenisi anak sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No.35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 23 tahun 2000 tentang Perlindungan Anak (“UU Perlindungan Anak”) Pasal 1 angka 1 menyatakan bahwa anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

Mengenai anak yang diduga melakukan tindak pidana juga diatur dalam Undang-Undang Khusus, yaitu Undang-Undang No. 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (“UU Peradilan Anak”). Pasal 1 angka 3 UU Peradilan Anak mengatakan bahwa anak yang berkonflik dengan hukum yang selanjutnya disebut anak adalah anak yang telah berumur 12 (dua belas) tahun, tetapi belum berumur 18 (delapan belas) tahun yang diduga melakukan tindak pidana.

Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”)mengenai pembunuhan diatur dalam buku II bab XIX tentang “kejahatan terhadap nyawa” dari Pasal 338 sampai dengan Pasal 350. Dari pertanyaan yang Anda sebutkan tidak menjelaskan secara jelas kronologi pembunuhan yang dilakukan anak tersebut. Namun atas perbuatan tersebut dapat dikenakan Pasal Pembunuhan sebagaimana termuat dari 13 Pasal KUHP tentang kejahatan terhadap nyawa yang hukumunyaa beragam ada yang penjara empat tahun, lima tahun enam bulan, sembilan tahun, dua belas tahun, lima belas tahun, tujuh belas tahun, dua puluh tahun dan seumur hidup bahkan hukuman mati.

Salah satu yang menjadi pembeda dalam Sitem Peradilan Pidana Anak dengan orang dewasa adalah mengenai lama pidana penjara yang diberikan kepada Anak. Sesuai dengan Pasal 81 ayat (4) UU Peradilan Anak bahwa pidana yang dijatuhkan kepada anak paling lama adalah ½ (setengah) dari maksimum ancaman pidana penjara bagi orang dewasa.

Sebagai contoh Jika Anak tersebut melakukan Pembunuhan Pasal 338 KUHP yang ancaman pidana penjaranya adalah 15 tahun maka untuk Anak tersebut hanya diancam dengan 7 tahun 6 bulan.

berbeda dengan jika anak tersebut dikenakan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana yang ancaman hukumannya adalah Pidana mati atau penjara seumur hidup atau paling lama dua puluh tahun untuk anak hanya diancam penjara 10 (sepuluh) tahun, sesuai dengan Pasal 81 ayat (6) UU Peradilan Anak yang mengatakan bahwa jika tindak pidana yang dilakukan anak merupakan tindak pidana yang diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup, pidana yang dijatuhkan adalah pidana penjara paling lama 10 (seppuluh) tahun.

Demikian Penjelasan kami, semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • Undang-Undang No. 23 tahun 2000 tentang Perlindungan Anak
  • Undang-Undang No. 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan