PELAYANAN PESERTA BPJS KESEHATAN PADA MASA LIBUR LEBARAN 2017

Juni 8, 2017

Setiap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (“BPJS”) Kesehatan sudah memiliki nama fasilitas primer seperti puskesmas, klinik, balai pengobatan, atau dokter keluarga yang bisa dikunjungi pada saat sakit di Kartu BPJS.

Sebagaimana kami ambil dari Q&A BPJS  bahwa Kartu BPJS berlaku secara nasional, maksudnya adalah jika sudah terdaftar dan memiliki kartu BPJS maka bisa digunakan di seluruh wilayah Indonesia. Jika peserta terdaftar di suatu daerah dan peserta tersebut berada diluar daerah maka dalam kondisi ringan peserta dapat mengunjungi kantor BPJS Kesehatan yang sedang dituju. BPJS Kesehatan setempat akan mengarahkan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama yang siap untuk melayani peserta di daerah tersebut. Jika butuh penaganan khusus dari dokter spesialis maka akan dirujuk kerumah sakit di kota yang dituju tersebut.

Namun dalam keadaan darurat yang penanganannya untuk mencegah kematian, keparahan atau kecatatan peserta dapat pergi ke fasilitas kesehatatan manapun yang lokasinya berada disekitar peserta.

Pada saat libur lebaran BPJS Kesehatan mengeluarkan Surat Edaran Direktur Pelayanan No. 37 Tahun 2017 tentang Pelayanan Peserta Pada Masa Libur Lebaran Tahun 2017, yang pada pokoknya mengatakan:

1 . Program Mudik Nyaman Selama Di Kampung Halaman Bersama BPJS Kesehatan pada masa libur lebaran yaitu H-7 dan H+7 libr lebaran (tangal 18 Juni – 02 Juli 2017);

2 . Terkait dengan point 1 tersebut di atas, Pelayanan Kesehatan bagi Peserta JKN-KIS pada masa libur lebaran tahun 2017, dapat dilakukan:

  • a. Dalam kondisi emergency:

Untuk kasus gawat darurat (emergency), Peserta dapat langsung dilayani di IGD Rumah Sakit (“RS”) terdekat sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

  • b. Dalam kondisi nonemergency:

Perserta dapat langsung mendapatkan pelayanan di IGD RS yang ditunjuk untuk mendapatkan pelayanan medis dasar atau pelayanan non gawat darurat di unit gawat darurat.

  • c. Terkait poin 2b, sedang dilakukan rekapitulasi data nasional di Kantor Pusat dan akan segera kami indormasikan kemudian daftar RS yang ditunjuk.
  • d. Terkait dara RS yang ditunjuk juga akan diinformasikan melalui media massa (media cetak dan media elektronik).

3. Sesuai dengan asa Portabilitas yaitu dapat dilakukan tanpa melihat asa dari domisili Peserta atau tempat dimana peserta terdaftar;

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga para peserta BPJS Kesehatan tetap diberikan kesehatan.

 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan